Langsung ke konten utama

Pengertian Luka

Pengertian Luka

Luka adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab seperti trauma benda tajam, benda tumpul, akibat perubahan suhu baik panas maupun dingin, akibat paparan zat kimia tertentu, akibat ledakan, gigitan hewan, sengatan listrik maupun penyebab lainnya.



Penyebab luka 

Secara garis besar penyebab luka di bagi menjadi tiga bagian yaitu:  fisik, mekanik, dan zat kimia

1. Penyebab luka Secara Fisik
  - Karena Paparan Suhu
       a. Suhu Panas
       b. Suhu Dingin
  - Karena Aliran Listrik
2. Penyebab luka secara Mekanik
  - Luka karena Akibat trauma benda tajam
  - Luka karena Akibat trauma benda Tumpul
  - Luka akibat senjata api
  - Luka karena bahan peledak
3. Penyebab luka karena Bahan Kimia tertentu
  - Karena paparan zat Asam
  - Karena Paparan Zat basa



Postingan populer dari blog ini

TESTIMONI GMSK

Alhamdulillah pasien ini direncanakan tuk diamputasi hingga mata kaki, dengan perawatan di MOIST Care bisa diselamatkan.   Silahkan hubungi MOIST Care untuk wilayah Jabodetabek di alamat berikut:

Jenis-Jenis Luka

 Jenis-Jenis Luka Berdasarkan Kondisi dan karakteristiknya luka dapat dibagi dalam beberapa jenis yaitu : 1. Luka Lecet 2. Luka Memar 3. Luka Robek 4. luka Tusuk 5. Luka Sengatan Listrik 6. dan Luka Bakar Penjelasan tentang jenis-jenis luka 1. Luka Lecet Luka Lecet adalah Luka Yang terjadi apabila adanya kerusakan pada bagian atas kulit, dapat ditandai dengan kulit menjadi kasar, memerah, berdarah, dan biasanya ada rembesaran cairan bening yang keluar dari kulit yang luka 2. Luka Memar Luka memar adalah Suatu kondisi yang disebabkan karena Rusaknya pembuluh darah atau robeknya pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu sehingga darah meresap kejaringan sekitar, Luka memar biasanya akibat hantaman benda tumpul. bisa di tandai dengan lebam kemerahan karena akibat pendarahan dibawah permukaan kulit / jaringan. 3. Luka Robek/Sobek Luka Robek Adalah Luka yang terjadi karena rusaknya atau robeknya kulit bagian permukaan atau kulit beserta bagian jaringan dibawahnya. Penyebab luka ini bisa ter